pada kesempatan yang berbahagia ini. saya akan membagi laporan Praktek Kerja Lapangan di Grapari Telkomsel, Laporan ini semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menyusun laporan magang anda.
berikut pemaparannya.
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan jaringan telekomunikasi sekarang ini tumbuh
dengan pesat karena perkembangan yang sangat pesat itu, telekomunikasi
sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Seluruh
masyarakat membutuhkan sarana telekomunikasi. Menghubungkan jaringan
telekomunikasi tidaklah mudah tergantung keadaan dan kondisinya. Disamping itu
di zaman yang serba cepat ini, maka
telomsel memberikan terobosan baru dengan menghadirkan 4G LTE yang kecepatannya
diatas dari kecepatan 3G yaitu mencapai
100 Mbps
Bagi
masyarakat sangatlah penting dalam kecepatan akses internet. Oleh karena itu telkomsel
menyediakan jaringan berbasi 4G LTE yang kecepatannya mencapai hingga 100 Mbps.
Dengan demikian masyarakat dapat menggunakan jaringan 4G dengan puas. Teklomsel
juga terus berinovasi, menciptakan hal-hal baru serta selalu mengedepankan
kepuasan pelanggan dengan menghadirkan berbagai macam promo dari telkomsel.
1.2
Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Tujuan dari penulisan laporan ini
adalah :
1.
Untuk
memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai Telkomsel Branch Kendari.
2.
Untuk
memenuhi tugas Akhir Semester 4 Kerja Praktek Lapangan Jurusan Sistem Komputer di Stmik Bina Bangsa Kendari.
1.3
Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Manfaat yang hendak dicapai dalam pelaksanaan
Kerja Praktek Lapangan ini adalah sebagai berikut:
a. Memperoleh pengalaman dalam dunia
kerja.
b. Menambah wawasan, pengetahuan, dan
pengalaman sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.
c. Memperdalam dan mengembangkan ilmu
pengetahuan yang telah didapat dari perkuliahan untuk diimplementasikan pada
dunia kerja secara nyata.
d. Mahasiswa mempunyai gambaran nyata
mengenai lingkungan kerjanya, mulai dari tingkat bawah sampai dengan tingkat
yang lebih tinggi.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Sejarah
Jaringan Seluler Dan Perkembangannya
Gambar 2.1 Sejarah Jaringan Seluler
Dan Perkembangannya
Telepon seluler saat
ini telah menjadi barang yang wajib dibawa saat bepergian. Dengan kemajuan
teknologi saat ini, telepon seluler bahkan dilengkapi dengan pemutar MP3,
kamera, video, radio, games, jam, kalkulator, GPS, yang menjadikan telepon
seluler sebuah gadget yang wajib dibawa, apalagi dengan kemunculan wireless
broadband yang memungkinkan mobile entertainment melalui telepon seluler. Lebih
dari itu, beberapa orang lebih rela ketinggalan dompet daripada ketinggalan
telepon seluler saat bepergian.
Ada tiga aspek
yang dipengaruhi oleh wireless broadband, yaitu gaya hidup, kebutuhan hidup,
dan lingkungan hidup. Gaya hidup dan kebutuhan hidup adalah hal yang secara
wajar dipengaruhi oleh hadirnya teknologi wireless broadband, tetapi bagaimana
wireless broadband secara positif dapat memperbaiki lingkungan hidup kita,
itulah hal yang perlu kita cermati sejak dini dan dilakukan segera tindakan positif
untuk membuat lingkungan hidup kita lebih hijau.
Teknologi
jaringan seluler berevolusi dari analog menjadi sistem digital, dari
circuit switching menjadi teknologi packet switching. Evolusi teknologi seluler
terbagi menjadi beberapa generasi, yaitu: generasi pertama (1G), generasi kedua
(2G/2.5G), generasi ketiga (3G/3.5G), dan generasi terakhir (4G).
Teknologi
seluler generasi pertama masih berbasis analog, tetapi seiring dengan
perkembangan dan peningkatan jumlah pengguna telekomunikasi, maka teknologi
digital mulai diterapkan, mulai dari penyandian digital sampai penggunaan
sirkuit digital, untuk mendukung kecepatan dan keandalan sistem telekomunikasi.
Berikut ini jenis-jenis jaringan seluler dari generasi ke generasi:
2.1.1
Teknologi
Generasi Awal / Zero Generation (0G)
Generasi
awal (0G) atau Mobile radio telephone ini merupakan teknologi telepon selular
modern permulaan, dimana menggunakan jaringan gelombang radio khusus dengan
jangkauan jaringan yang terbatas dan dapat terhubung dengan jaringan telepon
umum biasa. Biasa pada mobil dan truk agar dapat berkomunikasi. Mobile radio
telephone ini dikenal dengan nama dagang WCCs (Wireline Common Carriers), RCCs
(Radio Common Carriers), and two-way radio dealers. Prinsipnya seperti jaringan
komunikasi Polisi atau Taxi (walkie-talkie), hanya saja Mobile radio telephone
ini mempunyai nomor telepon tersendiri dan terhubung dengan jaringannya
tersendiri.
a. Kemampuan teknologi 0G (Zero
Generation)
Kemampuan
teknologi 0G ini hanya dapat bisa melayani komunikasi suara saja dan merupakan
teknologi awal komunikasi bergerak (mobile) yang di implementasikan dan di
komersilakan.
b. Kelemahan
teknologi 0G
Metode transmisinya masih half-duplex meski
pada perkembangannya mendukung full-duplex, jumlah pelangan dan jangkauan
jaringannya sangat terbatas, tidak mendukung komunikasi data, oleh karena itu
generaasi 0G tidak dapat bertahan lama.
2.1.2
Teknologi
Generasi Pertama (1G)
Generasi
pertama atau 1G merupakan teknologi handphone pertama yang diperkenalkan pada
era 80-an dan masih menggunakan sistem analog. Generasi pertama ini menggunakan
teknik komunikasi yang disebut Frequency Division Multiple Access (FDMA).
Teknik ini memungkinkan untuk membagi-bagi alokasi frekuensi pada suatu sel
untuk digunakan masing-masing pelanggan di sel tersebut, sehingga setiap
pelanggan saat melakukan pembicaraan memiliki frekuensi sendiri (prinsipnya
seperti pada stasiun radio dimana satu stasiun radio hanya menggunakan satu
frekuensi untuk siarannya).
a. Kemampuan teknologi 1G
Kemampuan
teknologi 1 G ini hanya dapat bisa melayani komunikasi suara saja tidak dapat
melayani komunikasi data dalam kecepatan tinggi dan besar.
b. Kelemahan teknologi 1G
Kapasitas
trafik yang kecil, jumlah pelanggan yang dapat ditampung dalam satu sel
sedikit, penggunaan spektrum frekuensi yang boros karena satu pengguna
menggunakan satu buah kanal frekuensi, dan suara tidak jernih.
2.1.3 Teknologi Generasi Kedua (2G)
Teknologi generasi kedua muncul karena
tuntutan pasar dan kebutuhan akan kualitas yang semakin baik. Generasi 2G sudah
menggunakan teknologi digital. Generasi ini menggunakan mekanisme Time Division
Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA) dalam teknik
komunikasinya.
a.
Kemampuan teknologi 2G
Generasi
kedua selain digunakan untuk komunikasi suara, juga bisa untuk SMS layanan dua
arah untuk mengirim pesan pendek sebanyak 160 karakter, voice mail, call waiting,
dan transfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps (bit per second).
Kelebihan 2G dibanding 1G selain layanan yang lebih baik, dari segi kapasitas
juga lebih besar. suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih, karena berbasis
digital.
b. Kelemahan teknologi 2G
Kecepatan
transfer data masih rendah, tidak efisien untuk trafik rendah, jangkauan
jaringan masih terbatas dan sangat tergantung oleh adanya BTS (cell Tower).
2.1.4 Teknologi Generasi Dua Setengah
(2.5G)
Teknologi 2.5G merupakan peningkatan dari
teknologi 2G terutama dalam platform dasar GSM telah mengalami penyempurnaan,
khususnya untuk aplikasi data. Untuk yang berbasis GSM teknologi 2.5G di
implementasikan dalam GPRS (General Packet Radio Services) dan WiDEN, sedangkan
yang berbasis CDMA diimplementasikan dalam CDMA2000 1x.
2.1.5 Teknologi Generasi Ketiga (3G)
Teknologi generasi ketiga (3G Third
Generation) dikembangkan oleh suatu kelompok yang diakui para ahli dan pelaku
bisnis yang berkompeten dalam bidang teknologi wireless di dunia. 3G (Third
Generation) sebagai teknologi yang berfungsi mempunyai kecepatan transfer data
sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100 km/jam, mempunyai kecepatan transfer
data sebesar 384 kbps pada kecepatan berjalan kaki, mempunyai kecepatan
transfer data sebesar 2 Mbps pada untuk user diam (stasioner).
a. Kemampuan
teknologi 3G :
Memiliki
kecepatan transfer data cepat (144kbps-2Mbps) sehingga dapat melayani layanan
data broadband seperti internet, video on demand, music on demand, games on
demand, dan on demand lain yang memungkinkan kita dapat memilih program musik,
video, atau game semudah memilih channel di TV. Kecepatan setinggi itu juga
mampu melayani video conference dan video streaming.
b.
Kelebihan 3G dari generasi-genersi sebelumnya :
Kualitas
suara yang lebih bagus, keamanan yang terjamin, kecepatan data mencapai 2 Mbps
untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access,
support beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse
internet bersamaan dengan melakukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda,
infrastruktur bersama dapat mensupport banyak operator dilokasi yang sama.
Interkoneksi ke other mobile dan fixed users, roaming nasional dan
internasional, bisa menangani packet-and circuit-switched service termasuk
internet (IP) dan videoconferencing. Juga high data rate communication services
dan asymmetric data transmission, efiensi spektrum yang bagus, sehingga dapat
menggunakan secara maksimum bandwidth yang terbatas, support untuk multiple
cell layer, co-existance and interconnection dengan satellite-based services,
mekanisme billing yang baru tergantung dari volume data, kualitas service dan
waktu.
c. Kelemahan Teknologi 3G
Memerlukan
Kontrol Daya “Ideal” dan belum mencukupinya kecepatan transfer data dalam
melayani layanan multimedia yang memerlukan kecepatan yang mumpuni.
2.1.6 Teknologi Generasi Tiga Setengah
(3.5G)
Teknologi
3.5 G atau disebut juga super 3G merupakan peningkatan dari teknologi 3G,
terutama dalam peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari teknologi 3G
(>2 Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses
internet dan video sharing.
2.1.7
Te
knologi Generasi Keempat (4G- Fourth Generation)
Teknologi fourth generation (4G)
adalah teknologi yang baru memasuki tahap uji coba. Salah satunya oleh Jepang
dimana pihak NTT DoCoMo, perusahaan ponsel di Jepang, memanfaatkan tenaga
hingga 900 orang insinyur ahli untuk mewujudkan teknologi generasi ke 4.
a. Teknologi
yang baru dalam 4G
Sepenuhnya untuk jaringan packet-switched,
semua komponen jaringan digital, bandwidth yang besar untuk mendukung
multimedia service dengan biaya yang murah ( Sampai 100 Mbps), dan jaringan
keamanan data yang kuat.
b.
Teknologi yang digunakan :
Untuk teknologi 4G, kemungkinan teknologi
yang diadaptasi adalah :MIMO-OFDM (Multi Input Multi Output – Orthogonal
Frequency Modulation). OFDM merupakan suatu teknik transmisi multi carrier
(banyak frekuensi). Dimana tiap frekuensi adalah orthogonal satu sama lain,
sehingga terjadinya overlapping tidak akan menyebabkan interferensi. Dan di
sisi lain teknik MIMO dapat membuat kanal paralel independen dalam spatial
domain untuk mengirimkan data stream yang beragam. Teknik MIMO bisa memperbesar
kapasitas kanal tanpa mengurangi bandwidth yang ada. Jumlah antena yang
dipergunakan pada bagian pemancar 2 sedangkan pada bagian penerima 4. MIMO
dapat mencapai kecepatan transfer data sampai 59,52 Mb.
2.2 Manfaat Sistem Jaringan Komunikasi Seluler
Gambar
2.2 Sistem Jaringan Komunikasi Seluler
Jaringan
komunikasi mobile telah terhitung manfaat atau lebih tepatnya beragam di dunia
saat ini. Sama seperti teknologi lainnya dunia akan menjadi tempat yang sulit
untuk meninggalkan di tanpa jaringan komunikasi mobile.Manfaat dari jaringan
dapat terdaftar dari panggilan ponsel keamanan mobile banking dan sejumlah
penggunaan lainnya. Infact kita tidak bisa menghitungnya melainkan memberikan
contoh daerah kami mendapat keuntungan dari jaringan komunikasi mobile.
Kami mampu
menghemat uang yang akan dihabiskan untuk perjalanan hanya dibatalkan pada
panggilan telepon. Kedengarannya grate untuk menghemat seperti dolar yang akan
terbuang pada perjalanan dibatalkan karena siapa kita akan melihat di kantor
tidak pada duduk.
2.2.1
Keamanan
Bagaimana dengan manfaat keamanan yang kita berkendara dari jaringan
komunikasi mobile. Hal ini memungkinkan kita untuk menelepon polisi ketika kita
berada dalam kesulitan pada setiap titik waktu dengan ponsel. Anda bisa berada
di pasar di jalan di bus atau piknik di mana saja. Membuat panggilan mudah
praktis dan nyaman dengan ponsel.
2.2.2
Kesehatan
Ini menguntungkan kami dalam kondisi kesehatan kita. Anda bisa jatuh
sakit di tempat terpencil di mana perhatian medis tidak mudah diakses. Satu
dapat menggunakan ponsel pada jaringan untuk menghubungi dokter dan menerima
perhatian medis tidak keberatan jarak.
Informasi transfer Transfer Prompt dan mudah informasi juga merupakan
manfaat penting yang dapat diperoleh dari jaringan komunikasi mobile. Pesan
yang bisa menyia-nyiakan waktu melalui kuria dan layanan pos hanya dapat
mencapai penerima dalam beberapa detik melalui pesan teks didukung oleh
jaringan komunikasi mobile.
2.2.3
Peluang
Bisnis
Ada juga manfaat dari peluang bisnis. Operator jaringan komunikasi
bergerak memberikan peluang bisnis untuk call center dan bilik telepon di mana
orang membayar dan membuat panggilan menggunakan jalur umum pada jaringan.
Keindahan ini adalah bahwa siapa pun dapat bergabung dengan bisnis ini dan
membuat hidup dari itu.
2.2.4
Iklan
Manfaat lain dari jaringan komunikasi selular adalah iklan. Para operator
jaringan dapat menjangkau pelanggan di jaringan mana pun ada dalam domain
jaringan. Dalam hitungan detik iklan promosi dan jingle dapat mencapai
pelanggan aktif pada jaringan. Beberapa pria bisnis yang cerdas menggunakan
media ini untuk memberikan sms massal layanan pesan singkat ke pelanggan aktif
dan sebagainya mengiklankan produk dan jasa kepada pelanggan aktif pada
jaringan. Para pelanggan aktif pada jaringan kemudian menerima pesan pada
ponsel mereka dan mengambil tindakan sehubungan dengan isi pesan.
BAB
III
METODE
PENULISAN
3.1
Latar
Study Lapangan
Latar Study ini adalah PT. TELKOMSEL
KENDARI
3.2
Waktu
Dan Tempat Praktek Kerja Lapangan
1. Waktu Study Lapangan.
Adapun
praktek kerja lapangan dilaksanakan,
pada semester genap tahun pelajaran 2015
/ 2016. Pada tanggal 12 Mei s/d 22 Juni 2015
2. Tempat Praktek Kerja Lapangan
PT.
TELKOMSEL BRANCH KENDARI
BAB
IV
GAMBARAN
UMUM
4.1 Gambaran Umum Perusahaan
4.1.1
Sejarah Singkat Perusahaan
Telkomsel merupakan salah satu
operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia yang pernah meluncurkan
layanan paskabayar pertamanya sekitar tanggal 26 Mei 1995. Pada saat itu
kepemilikan saham Telkomsel dikuasai oleh PT. Telkom (51%) dan PT. Indosat
(49%), dan Telkomsel pernah berhasil menjadi sebuah operator seluler pertama
yang menawarkan layanan prabayar GSM di Asia pada November 1997.
Sepanjang sejarah Telkomsel,
operator ini memiliki tiga produk GSM, yaitu simPATI (prabayar), KartuAS
(prabayar) dan kartuHALO (paskabayar). Saat ini saham Telkomsel dimiliki oleh
TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura SingTel (35%). Telkom
merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah
Republik Indonesia, sedangkan SingTel merupakan perusahaan yang mayoritas
sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Singapura. Pada tahun 1995, secara resmi
Telkomsel mendapat izin untuk memberikan jasa telekomunikasi selular GSM-nya
secara resmi, setelah sebelumnya sukses sebagai pilot project Telkom dalam
proyek percontohan GAM do Batam. Berbeda dengan operator lain, sejarah
Telkomsel dilanjutkan dengan mulai membangun jaringan dan melayani
pelanggannya dari luar jawa seperti dari Batam, Medan dan daerah-daerah
lainnya. Lalu pada tahun 1996, Telkomsel mulai beroperasi di ibu kota Jakarta
dan berhasil melayani seluruh propinsi yang di seluruh Indonesia. Hal ini
ditandai dengan adanya pengoperasian layanan Telkomsel Ambon dan Jayapura.
Setelah berhasil meluncurkan produk
paskabayarnya kartuHALO, Telkomsel kembali menjadi operator yang mempelopori
kartu prabayar isi ulang di ASIA dengan meluncurkan produk pertamanya simPATI.
Kartu simPATI tersebut diluncurkan saat krisis ekonomi melanda yaitu sekitar
tahun 1997, karena hal itu pula Telkomsel memberikan solusi kepada para
pengguna jasa selular untuk melakukan pengontrolan anggaran komunikasinya. Hal
yang mengejutkan, Telkomsel berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9002 untuk
Costumer Service On-Line dari PT Tuv Rheinland Jerman, di mana hal tersebut
juga berarti menandai layanan pelanggan Telkomsel bahwa mereka telah memenuhi
standarisasi mutu internasional.
Pada tahun 1998, Telkomsel membuat
program baru untuk mengembangkan jaringannya dengan mencanangkan Word Class
Operator sebagai tolak ukur standar layanan yang dimilikinya. Positioning
baru untuk kartu prabayar Telkomsel yang dinamai dengan simPATI Nusantara
tersebut bermottokan simPATI tetap terkendali. Kartu simPATI sebelumnya hanya
bisa digunakan di area registrasinya saja, namun kini simPATI bisa digunakan di
seluruh wilayah di Indonesia.
Pada tahun 2000, Telkomsel juga
mempelopori layanan Mobile Banking di Indonesia yang bekerja sama dengan Bank
Panin. Hal ini merupakan salah satu inovasi Tekomsel dalam mengintegrasikan
sistem teknologi telekomunikasi dan informasi dalam sistem banking.
Sekitar akhir bulan Maret 2009, Telkomsel berhasil memiliki pelanggan sekitar
72.1 juta orang berdasarkan statistik industri yang mewakili pangsa pasar
dengan perkiraan sekitar 50%. Telkomsel menyediakan layanan selular di
Indonesia melalui produk dual band GSM 900-1800 MHz, jaringan 3G serta
jaringan internasional melalui 341 mitra roaming internasional di 180 negara
(menurut catatan akhir Maret 2009). Pada September 2006 pun Telkomsel berhasil
menjadi operator pertama
di Indonesia yang meluncurkan layanan jaringan 3G.
Sungguh sangat beragam dan lika liku
perusahaan telekomunikasi yang satu ini. Berbagai keberhasilan pun secara
perlahan dan pasti membawa Telkomsel dan Apple South Asia Ltd untuk meluncurkan
iPhone 3G di Indonesia pada tanggal 20 Maret 2009 lalu. Dan ini merupakan salah
satu kesuksesan Telkomsel lainnya yang pastinya sangat membanggakan para
pelanggan setianya.
Operator Telkomsel
disebut-sebut memiliki jangkauan jaringan terbesar di Indonesia, di mana
menyediakan jangkauan jaringan yang mencapai lebih dari 95% dari jumlah
penduduk Indonesia dan di klaim bahwa Telkomsel merupakan satu-satunya operator
di Indonesia yang mencakup seluruh negara, provinsi dan kabupaten, baik
kecamatan yang ada di Sumatra, Jawa maupun Bali. Perusahaan Telkomsel ini
menawarkan GSM dual band (900 & 1800), GPRS, WiFi,
EDGE dan teknologi 3G.
Slogan yang dimiliki oleh
PT.TELKOMSEL adalah Begitu Dekat Begitu Nyata. Dengan slogan ini pula
diharapkan dapat menjadikan TELKOMSEL sebagai perusahaan jasa telekomunikasi
bergerak yang paling banyak jumlah pelanggannya serta selalu mengutamakan
kualitas dan ketersediaan kapasitas jaringan terluas dalam menyediakan jasa
pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya.
4.1.2
Lokasi
Perusahaan/Instansi
Lokasi
dari Perusahaan Grapari Telkomsel Kendari ini terletak
di Jl. Jend. A. Yani. Telp +62-511-3262812 Fax. +62-811-3259853. Lokasi perusahaan ini
mempunyai alasan sendiri, selain karena lokasinya yang
strategis. bertempat di pinggir
jalan raya juga
karena dekat dengan
sasaran target pasar mereka
yaitu berada disekitar kawasan sekolah-sekolah.
4.2 Struktur
Organisasi Dan Uraian Tugas
4.2.1 Struktur Organisasi
Dalam suatu perusahaan baik itu perusahaan kecil
maupun besar, struktur organisasi sangatlah penting, karena struktur organisasi
merupakan alur job description dalam pelaksaan kerja yang baik dan terarah,
serta dapat diketahui batas tanggung jawab dari suatu pekerjaan. Oleh karena
itu PT. TELKOMSEL BRANCH KENDARI yang merupakan suatu organisasi yang besar
senantiasa mengadakan pembaharuan struktur organisasi sesuai dengan
perkembangan dan kebutuhan. Pada bagian ini penulis akan mengemukakan Struktur
Organisasi dan uraian tugas di PT. Telkomsel Branch Kendari. yang dibuat dalam
bentuk garis komando karena alur dan tanggung jawab secara lurus/vertikal,
dimana terdapat satu komando atau pimpinan yang memerintah dari atas sampai ke
bawah. Demikian pula tangga organisasi harus diajukan ke pihak atasan untuk
mendapat penyelesaian. Hal tersebut dapat terlihat pada gambar struktrur
organisasi PT. Telkomsel Branch Kendari sebagai berikut :
Bagan
1
Struktur
Organisasi Telkomsel Branch Kendari
4.3 Visi Dan Misi
Visi
Menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia
yang terpercaya.
Misi
Memberikan layanan dan solusi mobile digital yang melebihi ekspektasi
pelanggan, memberikan nilai tambah kepada para stakeholders, dan
mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.
4.4 Profil Telkomsel
4.4.1 Slogan dan Filosofi Logo Telkomsel
“Begitu
dekat begitu nyata”
merupakan jargon Telkomsel nan diharapkan bisa menjadikan Telkomsel sebagai
perusahaan jasa telekomunikasi bergerak nan paling banyak jumlah pelanggannya,
mengutamakan kualitas dan ketersediaan kapasitas jaringan terluas, serta
menyediakan jasa pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Logo Tekomsel nan dikenal tak
semata-mata hanya logo, tetapi memiliki arti, yaitu lingkaran elips vertikal
melambangkan penyelenggara jasa telekomunikasi internasional di Indonesia
sebagai salah satu the founding fathers . Heksagon merah, heksagon melambangkan
selular dan rona merah melambangkan berani dan siap menyongsong masa depan
dengan segala kemungkinan. Heksagon abu-abu kehitaman melambangkan siap
mengayomi dan terus memenuhi kebutuhan pelanggannya dan rona abu-abu melambangkan
kesejukan, keluwesan, dan kefleksibelan. Rendezvous dua lingkaran elips
berwarna putih, kedua lingkaran elips berpotongan di atas heksagon merah dan
membentuk huruf T nan merupakan huruf awal Telkomsel dan rona putih
melambangkan kebersihan, keterbukaan, serta ketransparansian.
4.4.2 Produk dan Layanan Telkomsel
Telkomsel terus melakukan penemuan
terhadap produk-produknya buat memudahkan para pelanggan berkomunikasi.
KartuHALO merupakan kartu pascabayar. Ada beberapa macam kartuHALO nan
diproduksi oleh Telkomsel, yaitu HALO Bebas, HALO Keluarga, HALO Data, dan HALO
Hybrid. Kartu simPATI merupakan kartu prabayar, singkatan dari Sistem
Komunikasi nan Tepat dan Pasti. Kartu ini telah diisi pulsa eksklusif dengan
batas waktu pemakaian. Kartu As merupakan kartu prabayar. Ada beberapa macam
kartu As nan diproduksi oleh Telkomsel, yaitu kartu As HYPERBOLA, katu As
4.4.3 Promo, dan kartu As International Roaming.
Selain produk-produk tersebut,
Telkomsel memberikan pelayanan-pelayanan buat memanjakan pelanggannya.
Telkomsel Flash merupakan layanan internet nirkabel lewat jaringan telepon
selular. Telkomsel Poin merupakan program loyalitas pelanggan nan ditujukan
buat seluruh pelanggan Telkomsel. Tujuan program ini ialah memberikan
penghargaan pada para pelanggan Telkomsel nan telah setia menggunakan produk
dan layanan Telkomsel.
Poin nan didapatkan oleh pelanggan
bisa ditukarkan dengan hadiah. HSPA+. Mulai September 2009, Telkomsel menambah
layanan HSPA+ (High Speed Packet Access) dengan kecepatan hingga 21 Mbps. GraPARI
merupakan pusat layanan pelanggan Telkomsel nan juga menyediakan penjualan
produk Telkomsel, seperti kartu HALO dan simPATI.
4.4.4 Hari
dan Jam Kerja
Untuk Hari dan Jam Kerja pada Telkomsel
Branch Kendari ini mulai dari hari
senin hingga hari jumat. Namun,untuk meningkatkan pelayanan
jasa terhadap pelanggan maka untuk hari sabtu tetap masuk dengan jadwal
yang telah ditentukan. Sedangkan,untuk kar yawan
tetap pada hari
sabtu tetap diliburkan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat
pada tabel berikut ini :
Tabel Hari Kerja Karyawan Telkomsel Branch Kendari
HARI
|
MASUK
|
ISTRAHAT
|
PULANG
|
KETERANGAN
|
Senin
|
08.00
|
12.00 – 13.00
|
17.00
|
PELAYANAN
|
Selasa
|
08.00
|
12.00 – 13.00
|
17.00
|
Rabu
|
08.00
|
12.00 – 13.00
|
17.00
|
Kamis
|
08.00
|
12.00 – 13.00
|
17.00
|
Jum’at
|
08.00
|
12.00 – 13.00
|
17.00
|
Sabtu
|
08.00
|
13.00
|
4.4
Mekanisme
Kerja
Mekanisme
Kerja pada Telkomsel
Branch Kendari ini
bergerak dalam bidang layanan dan jasa telekomunikasi. PT Telkomsel
merupakan operator yang menyediakan akses layanan data
terlengkap melalui implementasi teknologi CSD,
GPRS ( General Packet Radio Service ), Telkomsel menyediakan
beraneka ragam
fitur yang memberikan
kenyamanan berkomunikasi, dari
yang sifatnya dasar hingga yang
tercanggih seperti Multy Party Call
, SMS2e-mail, MMS, Video Streaming
, Farida Multi Number, mobile banking
, info on demand , nada sambung
pribadi dan lain sebagainya.
Untuk
lebih menjangkau pelanggan telepon
selular di seluruh Indonesia
dimanapun mereka berada
PT Telkomsel telah
meluncurkan sistem penjualan dengan prinsip
kepuasan pelanggan adalah
kuncinya dengan berprinsip
itu PT Telkomsel dalam
melayani pelanggannya mendirikan
kantor pelayanan dengan nama
GraPARI Telkomsel atau
Graha Pari Sraya
Telkomsel yang berasal dari bahasa
Sansekerta yang diberikan
oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X
sebagai tanda penghargaan atas
diresmikannya kantor pelayanan
Telkomsel di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak itulah
seluruh kantor pelayanan Telkomsel ditetapkan dengan nama GraPARI Telkomsel
atau Graha Pari Sraya Telkomsel.
Selain sebagai kantor pelayanan yang
memfokuskan diri untuk melayani
pelanggannya, Grapari juga menyediakan penjualan produk
sendiri seperti kartu HALO,
Simpati, dan Kartu AS. Grapari tidak menjual perangkat telepon selular kecuali
jika ada kebijaksanaan tertentu untuk menjual dalam bentuk paket produk Telkomsel,
hal inipun tidak selalu dilakukan.
Sehingga jika ada pelanggan yang ingin
membeli perangkat telepon
selular terpisah dari
produk Telkomsel, maka GraPARI akan menyarankan untuk mendapatkannya
pada distributor resmi, outlet
eksklusif maupun ritel
yang telah bekerjasama
dengan Telkomsel.
Belum ada tanggapan untuk "Laporan Magang di telkomsel Grapari Kendari"
Posting Komentar